CONTOH ESSAY PUBLIC RELATION ASURANSI ASTRA
Public
Relations tidak selalu menghadapi suatu permasalahan, tetapi mereka juga memiliki
tugas untuk memelihara, menjaga, meningkatkan, dan menciptakan citra perusahaan
yang baik kepada publiknya. Mereka memiliki banyak cara yang tepat dan efektif untuk
menjaga, mememlihara, meningkatkan, dan menciptakan citra mereka agar tetap
menjadi citra perusahaan yang terbaik. Mereka akan selalu melakukan hal – hal
yang positif agar citra mereka tidak tercoreng di masyarakat. Seperti yang
dilakukan oleh Public Relations Asuransi
Astra.
Public Relations Asuransi Astra mengambil kesempatan untuk
melakukan edukasi product knowledge. Mereka
melakukan ini dengan tujuan untuk membangun kerja sama antar perusahaan dengan
publiknya. Pada saat Ibu Kota Jakarta masih hangat dengan peristiwa demonstrasi
para pengemudi taxi yang berlangsung pada hari Selasa, 22 Maret 2017 lalu,
mereka menyisipkan pesan mengenai manfaat perluasan jaminan asuransi
perlindungan mobil guna menghindari resiko kerusuhan. Karena aksi demonstrasi
tersebut mengarah kepada kerusuhan yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan
seperti mobil.
Dengan demikian, Public Relations Asuransi Astra termasuk
ke dalam Public Relations yang
memiliki peran dan fungsi sebagai Communication
Facilitator. Karena Public Relations
di sini, sebagai penghubung, interpreter dan mediator antara organisasi dan
publiknya. Mereka mengelola Two Way
Communication – nya dengan cara membuka rintangan komunikasi yang / ada
yang terjadi. Tujuannya dalam hal ini adalah untuk menyediakan kebutuhan dua
belah pihak akan informasi, membuat kesepakatan yang melibatkan minat kedua
belah pihak. Biasanya disebut dengan simbiosis mutualisme.
Public Relations selalu punya cara untuk memberikan yang terbaik
untuk perusahaannya. Public Relations selalu
mempertimbangkan baik buruk atau sebab akibat yang akan ditimbulkan, jika
mereka melakukan sesuatu untuk perusahaannya. Dan mereka melakukan sesuatu
tindakan, pastinya berdasarkan tujuan perusahaan, agar tujuan tersebut
terlaksana. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Public Relations Asuransi Astra ini. Hal yang dilakukan oleh Public Relations Asuransi Astra ini, dapat meningkatkan,
memelihara, menjaga citra atau image
perusahaan.
Pentingnya pembentukan
citra atau image bagi suatu
perusahaan. Pembentukan citra atau image mengacu
pada pola pertumbuhan perusahaan. Untuk perusahaan Asuransi Astra ini, termasuk
kedalam pembentukan citra atau image STAR.
Karena, perusahaan mulai
mengalami pertumbuhan pasar yang baik. Citra dikembangkan untuk memberikan
pemahaman kepada publik bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab publik yang
kuat.
Jadi, yang dilakukan oleh Public Relations Asuransi Astra ini dengan melakukan edukasi product knowledge. Dapat meningkatkan,
menjaga, memelihara citra yang sudah dibangun sebelumnya. Pembentukan citra
atau image yang dilakukan ini, dapat
dikategorikan sebagai pembentukan citra atau image STAR. Selain itu, Public
Relations Asuransi Astra ini pun dapat dikategorikan memiliki peran dan
fungsi sebagai Communication Facilitator.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar