OPINI "BERITA HOAX"

Pada era yang sudah serba modern dan serba menggunakan alat elektronik yang sudah canggih, banyak masyarakat berbondong – bondong menggunakan alat elektronik tersebut seperti smartphone, laptop, komputer dan sebagainya. Mereka memanfaatkannya untuk melakukan komunikasi, membagi informasi, mencari informasi, untuk hiburan, dan ada pula untuk berbisnis.
Pada saat ini, masyarakat melakukan semua itu melalui suatu media, atau biasa yang disebut media sosial. Dari tahun ke tahun mulai banyak masyarakat menggunakan media sosial tersebut seperti facebook, twitter, instagram, path, gmail, yahoo, blogger dan lain – lain. Untuk saat ini, para netizen (masyarakat) lebih banyak menggunakannya untuk meng – upload foto atau video keseharian mereka dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, banyak juga netizen yang menggunakannya untuk mencari dan memberi informasi. Maka dari itu, media sosial sangatlah penting dalam masa sekarang ini.
Tetapi, banyak pula masyarakat yang menggunakan media sosial dengan hal yang negatif. Salah satunya adalah menyebarkan berita – berita hoax dengan tujuan menyebarkan kebencian dan sara. Sudah banyak berita – berita hoax yang menyebar di Indonesia, kurang lebih ada 800rb situs penyebar hoax yang sudah terdata oleh KOMINFO ujar  Rudiantara di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Kamis (29/12/2016) di kutip dari detiknews.com. Kementrian Komunikasi dan Informasi sudah berupaya untuk mengatasinya dengan cara menutup akun hoax tersebut, tetapi upaya tersebut hanya bisa mengurangi sedikit saja dari banyaknya akun penyebar hoax. Pengelola akun tersebut pun dikenakan Undang – Undang ITE yang sekarang ini sedang diberlakukan di negeri ini. KOMINFO menjadi kualahan akan masalah yang terjadi di negeri ini, karena akan membuat masyarakat menjadi terpengaruh dan akhirnya terprofokasi sehingga akhirnya dapat mengakibatkan perpecahan antara masyarakat satu dengan yang lainnya. Ini akan terjadi jika masyarakat tidak jeli atau tidak bisa memilih antara berita hoax dengan berita yang benar – benar fakta.
Jadi, solusinya adalah masyarakat harus lebih pintar dan jeli untuk memilih berita yang benar – benar fakta. Dengan melihat situs berita yang pasti dan resmi mereka akan menapatkan berita yang murni fakta, tetapi sebaliknya jika situs berita itu tidak resmi, jangan mudah percaya atau terpengaruh dengan berita tersebut. Jika situs tersebut tidak resmi, netizen harus menyelidikinya terlebih dahulu. Dengan begitu kita dapat terhindar dari berita hoax yang dibuat oleh orang – orang yang telah menyalahgunakan media sosial untuk mencari keuntungan semata.


TUGAS 3
JURNALISTIK MULTIMEDIA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEATURE PERJALANAN

CONTOH FEATURE PERJALANAN

CONTOH ESSAY PUBLIC RELATION ASURANSI ASTRA