9 ELEMEN JURNALISME BESERTA CONTOH

ANALISA FILM YANG MENGIMPLEMENTASIKAN
9 ELEMEN JURNALISME

            Dalam kehidupan sehari – hari, kita tidak akan lepas dari yang namanya berita. Bagi kita, berita adalah sesuatu yang sangat penting. Karena, berita memberikan informasi yang tidak ataupun belum kita ketahui. Pada era saat ini, berita sangat mudah didapatkan. Tidak hanya dari media cetak seperti surat kabar, tetapi pada era yang terbilang sudah modern ini, kita bisa mendapatkan berita secara online yang dapat diakses melalui gadget kita masing – masing.
            Sebelum berita diterbitkan dan dibagikan kepada seluruh masyarakat, berita akan diproses terlebih dahulu. Karena, tidak sembarang berita akan diterbitkan di media cetak, elektronik, maupun online. Berita memiliki beberapa kriteria agar berita tersebut dapat disebut dengan berita. Dalam hal ini, berita diolah oleh seorang jurnalisme. Tidak mudah untuk menjadi seorang jurnalisme jika belum tahu elemen – elemen jurnalisme. Seseorang, dikatakan sebagai jurnalisme jika orang tersebut sudah mengimplementasikan elemen – elemen tersebut saat melakukan pekerjaannya. Apa saja elemen – elemen jurnalisme tersebut?

9 Elemen Jurnalisme:
1.        Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran
2.        Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga (citizen)
3.        Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi
4.        Jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya
5.        Jurnalis harus bertindak sebagai pemantau independen terhadap kekuasaan kekuasaan
6.        Jurnalisme harus menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik
7.        Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan
8.        Jurnalis harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proporsional
9.        Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani mereka


Contoh Implementasinya:



Judul               : State Of Play
Tahun              : 2009
Genre              : Drama, Mystery
Sutradara         : Kevin Mcdonald
Penulis             : Matthew Michael Carnahan, Tony Gilroy

Review Film
Penembakan yang terjadi kepada pencuri tas yang membuat pencuri tersebut meninggal ditempat. Setelah kejadian penembakan tersebut, tak lama kemudian datang seorang pengantar pizza menggunakan sepeda, dia melihat kejadian tersebut dan berusaha menjauh dari tempat tersebut. Tetapi saat dia ingin menjauh, dia pun ikut terkena tembakan dari pria penembak tersebut. Pengantar pizza itu selamat, tetapi keadaannya kritis dan tidak sadarkan diri.
            Selang hanya satu malam saja dari tragedi penembakan di Georgetown, keesokan paginya Sonia Baker ditemukan tewas di Stasiun Metro. Belum diketahui penyebab kematian yang jelas. Saat datang ke kantor, Stephen Collins diberitahu oleh salah satu rekan kerja nya atas kematian Sonia Baker, dan Stephen pun terkejut dengan hal itu. Saat Stephen menghadiri Kongres Terbuka, dia mengatakan tentang kematian Sonia Baker kepada media dan publik. Dari peristiwa di kongres tersebut para pejabat Pointcorp, media dan publik memberitakan bahwa Stephen memiliki hubungan gelap dengan Sonia. Saat Stephen sedang menjadi perhatian banyak media, dia mengunjungi teman lamanya yaitu Cal untuk menceritakan tentang hubungan gelapnya yang dia jalin bersama Sonia. Lalu Stephen menunjukan video yang dia dapat dari Sonia saat pagi hari sebelum Sonia meninggal dunia. Dari video tersebut, tidak terlihat bahwa Sonia meninggal karena bunuh diri.
            Della Frye seorang reporter di Washington Globe, sekaligus rekan kerja Cal. Ditugaskan untuk mengungkapkan peristiwa yang masih menyimpan tanda tanya. Dia bekerja sama dengan Cal. Saat Della menelusuri peristiwa ini, Della tidak menemukan apapun dalam CCTV, karena area peristiwa saat kematian Sonia terjadi tidak terjangkau oleh kamera CCTV. Lalu dia pergi ke Rumah Sakit, untuk meminta keterangan kepada pengantar pizza itu, karena sudah diketahui pengantar pizza itu sudha siuman. Saat dia ingin mewawancarainya, didepan mata Della terjadi penembakan. Pengantar Pizza yang keadaan sebelumnya sudah membaik, setelah kejadian tersebut dia meninggal karena terkena tembakan di bagian dadanya, akhirnya, Della gagal untuk mendapatkan informasi dari pengantar pizza tersebut.
Setelah beberapa hari setelah kejadian tersebut  dia menelusuri lebih dalam lagi dan ternyata kematian pencuri tas, pengantar pizza, dan Sonia Baker berhubungan satu sama lain. Karena, saat Della melihat kembali rekaman CCTV di Stasiun Metro, dia melihat seorang pria yang tidak lain adalah pria yang berada di Rumah Sakit saat kejadian penembakan pengantar Pizza tersebut.
Cal membantu Della untuk mencari tahu tentang pria tersebut, dia mendapatkan nama dan alamat temannya yang mempekerjakan dia. Namanya tidak lain adalah Robert Bingham, dia bekerja di tempat Fred Summer. Saat Cal mendatangi apartemennya, ternyata yang ia lihat adalah Robert. Lalu, ia segera menghubungi polisi, sebelum polisi datang ia mengalami peristiwa penembakan oleh Robert Bingham. Disisi lain Stephen menghadiri Kongres Terbuka yang dihadiri oleh pejabat Pointcorp. Di sini terungkap bahwa Pointcopr melakukan kerja sama dengan kontraktor lain untuk membuat monopoli dan membeli pemerintahan US.
Della selalu berusaha untuk mencari informasi sedetailmungkin tentang Della, dan ia mendapatkan satu kunci yang dapat membantunya mengumpulkan informasi tentang Della yaitu Dominic Foy tidak lain dan tidak bukan adalah teman Sonia Baker. Dominic mengaku telah memanfaatkan Sonia untuk memata – matai Stephen agar dia mendapatkan suatu informasi yang lengkap yang dibutuhkan Pointcorp. Ternyata dalam misi nya tersebut, Sonia mengaku telah jatuh cinta kepada Stephen dan dia sedang mengandung anaknya. Informasi yang dikemas berupa rekaman tersebut, ditunjukan oleh Cal kepada Stephen.
Setelah beberapa waktu berlalu, Cal telah mengetahui adanya kebenaran, bahwa Stephen telah mengetahui bahwa ia telah dimanfaatkan oleh Soni untuk keuntungan Poincorp. Lalu collins menyewa pembunuh bayaran yang tidak lain ialah sahabatnya sendiri Robert Bingham. Karena Robert sendiri sangat membenci Pointcorp. Tetapi disisi lain, Robert memang ditugaskan untuk mengawasi gerak-gerik Sonia selama ini, tetapi tanpa sepengetahuan Collins, Robert membunuh Sonia. Setelah kejadian tersebut Cal sudah tidak percaya kepada Collins, dan dia telah menghubungi polisi untuk menangkap Stephen Collins. Saat Cal menuju keluar kantor Stephen, dia sudah ditunggu oleh Robert yang ingin membununya. Alhasil pembunuhan terseut telah digagalkan oleh polisi yang datang tepat waktu. Setalah kejadian penangkapan tersebut, Cal membuat sebuah berita tentang kebenaran yang sebenarnya lalu ia kirim untuk di cetak di surat kabar.

Adegan yang mengimplementasikan 9 Eleman Jurnalisme dalam film State of Play sebagai berikut:
             Penembakan di Georgetown, Cal mendatangi TKP untuk menanyakan tentang informasi kedua penembakan tersebut kepada seorang detektif. Selain itu, kematian Sonia Baker, Della pun mencari informasi ke Stasiun Metro untuk mendapatkan informasi yang dia inginkan. Informasi yang dia dapatkan adalah Sonia memang datang ke stasiun tersebut, tetapi saat peristiwa kematian Sonia, kamera CCTV tidak bisa menjangkau tempat Sonia Baker tewas.
            Cal pun mencari informasi tentang korban penembakan yang sudah tewas. Ia datang mencari informasi keruang jnazah dan membuka HP si korban, dan dia mencatat seluruh nomer yang ada pada panggilan terskhirnya. Ternyata, Sonia adalah salah satu orang yang dihubungi koran tersebut. setelah itu, dia mendapatkan informasi berupa foto – foto yang tidak lain adalah Sonia Baker. Dia mendapatkannya dari seorang gadis. Selanjutnya adalah adegan di mana Stephen menghadiri Kongres Terbuka untuk membahas tentang keuangan yang Poincorp dapatkan. Seluruh media merekamnya dan mempublish kepada seluruh masyarakat.

            Untuk membuat berita yang sempurna dan lengkap, Cal dan Della berusaha mencari tahu kebenaran informasinya walau nyawa taruhan mereka. Saat membuat berita tersebut Cal bersedih karena yang ia beritakan adalah temannya sendiri. Tapi dia tidak terpengaruh dengan emosinya tersebut, karena masyarakat diluar sana perlu mengetahui peristiwa yang terjadi kepada anggota kongres mereka. Selain itu, dia tidak mempedulikan perasaannya tersebut karena ia menjunjung tinggi sifat independensi da profesionalitas dalam bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEATURE PERJALANAN

CONTOH FEATURE PERJALANAN

CONTOH ESSAY PUBLIC RELATION ASURANSI ASTRA