ANALISA PENGGUNAAN NEWS VALUE DALAM BERITA

NEWS VALUE
Ada beberapa berita yang dapat disebut berita layak ataupun tidak. Berita memiliki tolak ukur tersendiri agar berita tersebut dapat dianggap berita yang layak. Berita yang layak pastinya memiliki beberapa kriteria, yaitu:
1.        Significance (Penting)
2.        Timeliness (Aktual)
3.        Proximity (Kedekatan)
4.        Magnitude (Besar)
5.        Prominence (Keterkenalan/Tenar)
6.        Conflict
7.        Human Interest (Manusiawi)


CONTOH BERITA

Tanah Gerak Rusak 11 Rumah di Ponorogo

PONOROGO, KOMPAS.com - Sebelas rumah warga Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo rusak menyusul tanah gerak yang melanda desa itu selama sepekan terakhir.
Tanah gerak di Desa Dayakan dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang melanda daerah perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah itu.
"Laporan warga setempat ada sekitar sebelas rumah yang rusak akibat tanah gerak yang melanda Desa Dayakan. Dari sebelas rumah itu, lima diantaranya rusak berat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, Kamis ( 9/3/2017).
Budi mengatakan, fenomena tanah gerak baru kali terjadi wilayah Badegan. Selain faktor hujan lebat, diduga faktor Badegan yang berada di daerah patahan pegunungan menjadi penyebab lainnya.
Kendati terdampak tanah retak, kata Budi, warga masih menempati rumahnya. Hanya saja, warga diminta waspada bila hujan deras mengguyur.
"Kami mengimbau warga waspada bila hujan deras mengguyur. Pasalnya, bisa jadi akan terjadi peningkatan retakan tanah," kata Budi.

Sumber berita:
http://regional.kompas.com/read/2017/03/09/12460041/tanah.gerak.rusak.11.rumah.di.ponorogo

PENGGUNAAN NEWS VALUE
Diantara beberapa kriteria tersebut, saya menganalisis ada beberapa kriteria berita yang terdapat dalam berita Tanah Gerak Rusak 11 Rumah di Ponorogo, dari berita tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 3 kriteria dalam berita tersebut:
1.    Significance (Penting), mengapa berita ini termasuk penting? Karena dari berita tersebut kita dapat mengetahui dampak dari tanah gerak untuk masyarakat sekitar. Selain itu, kita dapat mengetahui kerugian material yang dialami masyarakat tersebut, dan kita dapat mengetahui sekaligus mengontrol kondisi rumah masyarakat yang tertimpa musibah tanah gerak.
2.        Proximity (Kedekatan), mengapa berita ini termasuk proximity? Karena daerah yang dialami para korban bencana tanah gerak tersebut, tidaklah jauh dari daerah yang saya tinggali. Daerah ini, masih termasuk dalam kawasan pulau Jawa. Beda halnya dengan berita yang berada diluar pulau jawa, karena peristiwa tersebut kedekatannya lebih dekat dengan tempat tinggal saya.

3.      Timeliness (Aktual), mengapa berita ini termasuk timeliness? Karena peristiwa yang diberitakan ini belum lama terjadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FEATURE PERJALANAN

CONTOH FEATURE PERJALANAN

CONTOH ESSAY PUBLIC RELATION ASURANSI ASTRA